Sistem Customer Relationship Management (CRM) menjadi elemen penting yang berperan untuk memastikan kesuksesan bisnis. Dalam bisnis, CRM dapat membantu perusahaan agar lebih memfokuskan hubungan dengan pelanggan yang ada atau siapapun yang berhubungan dengan perusahaan.
Customer Relationship Management membantu perusahaan untuk mengotomatisasi dan menggabungkan informasi pelanggan ke dalam satu penyimpanan sehingga perusahaan dapat mengatur dan mengelola hubungan dengan lebih baik.
Namun, beberapa perusahaan belum seluruhnya menggunakan layanan ini. Untuk itu, kami akan membahas beberapa alasan mengapa kamu membutuhkan software CRM ini. Berikut penjelasannya.
Customer Relationship Management
CRM merupakan singkatan dari Customer Relationship Management atau Manajemen Hubungan Pelanggan. CRM adalah salah satu strategi bisnis yang digunakan untuk mengelola dan mempererat hubungan dengan pelanggan.
Tapi saat ini, penggunaan kata CRM akan langsung merujuk pada layanan atau aplikasi CRM. Aplikasi ini berisikan sistem informasi yang telah terintegrasi untuk menjadwalkan, merencanakan, dan mengendalikan aktivitas penjualan dalam sebuah perusahaan.
Tujuan Customer Relationship Management
Layanan CRM memiliki tujuan untuk meningkatkan retensi pelanggan, kepuasan, dan memaksimalkan nilai pelanggan untuk jangka panjang. Dalam memenuhi tujuan tersebut, CRM akan mengumpulkan berbagai data pelanggan dari berbagai database, seperti situs web, email, chat, telepon, dan sosial media.
Data yang telah dikumpulkan akan disimpan ke dalam satu database terpusat dan dapat diakses oleh seluruh tim di suatu organisasi atau perusahaan. Data tersebut dapat dimanfaatkan untuk membuat keputusan bisnis yang lebih baik, sehingga penjualan dapat dipercepat, aktivitas pemasaran dimudahkan, dan layanan pelanggan dibantu agar lebih solutif.
Tak hanya itu, berikut beberapa tujuan lain dari penerapan layanan CRM.
Membangun hubungan lebih dekat dengan pelanggan
Seperti yang telah disebutkan di atas, CRM dapat membantu bisnis untuk menjalin hubungan yang lebih baik dengan pelanggan. Hal ini tentunya dapat memudahkan perusahaan untuk melihat riwayat interaksi pelanggan agar lebih memahami kebutuhan dari pelanggan tersebut. Dari sana, perusahaan tentunya dapat menjalin hubungan yang lebih intens.
Meningkatkan loyalitas pelanggan
Informasi pelanggan yang telah didapatkan dari CRM digunakan untuk membangun kepuasan pelanggan. Pelanggan dengan pengalaman yang baik, cenderung akan kembali lagi untuk melakukan order ulang atau repeat order. Pembelian berulang ini menunjukan bahwa pelanggan loyal dengan jasa atau produk dari perusahaan.
Mendorong penjualan
Teknologi yang digunakan pada sistem CRM ini dilengkapi dengan berbagai fitur canggih untuk mendukung penjualan. Fitur tersebut diantaranya berguna memantau produktivitas karyawan, melacak GPS, serta mengotomatisasi dokumen.
Tak hanya itu, CRM juga dapat dengan mudah dihubungkan dengan aplikasi lainnya untuk mendorong penjualan, seperti WhatsApp API.
Untuk mengetahui beberapa daftar WhatsApp API, klik di sini.
Meningkatkan segmentasi pelanggan
Perusahaan biasanya memiliki ratusan atau ribuan kontak yang digunakan sebagai database. Kehadiran layanan CRM dapat membantu untuk mengelompokkan daftar kontrak berdasarkan kriteria tertentu, sehingga mudah untuk menemukan kontak yang ingin dihubungi pada waktu tertentu.
Membantu mengambil keputusan
Layanan Customer Relationship Management biasanya didukung dengan berbagai laporan analitik yang terkait dengan penjualan, kinerja karyawan, dan analisis lainnya. Laporan ini dapat diakses secara realtime.
Melalui laporan ini, perusahaan dapat mengetahui apakah strategi yang diterapkan dapat berjalan dengan efektif atau tidak. Perusahaan juga langsung dapat merubah strategi apabila terjadi kendala atau terdapat hasil yang tidak sesuai pada laporan.
Menghemat biaya operasional
CRM juga dapat membantu perusahaan untuk mengotomatiskan bisnis secara keseluruhan. Dengan demikian, perusahaan dapat menghemat biasa bisnis, karena tidak membutuhkan banyak karyawan untuk melakukan tugas.
Alasan Membutuhkan Customer Relationship Management
Setelah mengetahui beberapa tujuan dari layanan ini, terdapat beberapa alasan penting mengapa setiap bisnis memerlukan layanan CRM yang efektif. Simak penjelasan berikut.
Meningkatkan retensi pelanggan
Retensi pelanggan merupakan salah satu kunci keberhasilan jangka panjang dalam bisnis. Layanan CRM dapat membantu perusahaan untuk melacak tiap interaksi dengan pelanggan, termasuk pembelian sebelumnya, umpan balik, dan preferensi produk yang disukai.
Dengan adanya informasi ini, perusahaan tentunya akan lebih memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan. Hal ini dapat meningkatkan retensi pelanggan karena biasanya pelanggan akan setia di tempat yang memahami dan memenuhi kebutuhan mereka.
Peningkatan penjualan
Salah satu alasan terbesar dari CRM adalah kemampuannya untuk membantu perusahaan dalam merencanakan strategi penjualan yang lebih efektif. Dengan mengantongi pemahaman yang lebih baik tentang perilaku pelanggan, perusahaan dapat menyesuaikan penawaran produk, strategi pemasaran, atau layanan untuk meningkatkan penjualan.
Efisiensi operasional
CRM tidak hanya berdampak pada hubungan antar pelanggan, tetapi juga pada efisiensi operasional bisnis. Layanan CRM memungkinkan otomatisasi banyak proses bisnis, seperti dukungan pelanggan, penjadwalan, dan manajemen inventaris.
Hal ini dapat mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk tugas-tugas rutin dan menghemat biaya operasional perusahaan. CRM yang terintegrasi dengan baik, perusahaan dapat mengoptimalkan operasi bisnis.
Peningkatan layanan pelanggan
Tak hanya retensi, pelayanan pelanggan yang responsif dan personal juga menjadi kunci untuk membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan. Sistem CRM memungkinkan tim layanan pelanggan untuk mengakses informasi pelanggan dengan cepat dan memberikan solusi yang tepat sesuai dengan kebutuhan pelanggan.
Analisis Data
Layanan CRM juga dapat membantu perusahaan dalam mengumpulkan serta menganalisis data pelanggan dengan lebih kompleks. Hasil analisis ini dapat digunakan untuk mengembangkan strategi yang lebih efektif, membuat keputusan yang lebih tepat, dan mengidentifikasi tren sesuai dengan preferensi pelanggan.
Dengan memahami berbagai perilaku pelanggan, perusahaan dapat merencanakan kampanye dengan lebih canggih, memaksimalkan resiko, dan menargetkan segmen pelanggan yang lebih tepat.
Kesimpulan
Penggunaan layanan CRM dapat membantu perusahaan untuk membangun reputasi yang baik di mata pelanggan dan meningkatkan transaksi berulang terhadap produk atau jasa. Agar lebih meningkatkan kinerja dari layanan ini, kamu dapat mengintegrasikannya dengan WhatsApp API.
Kamu bisa melihat beberapa layanan Customer Relationship Management lainnya, di sini.