Tingginya permintaan akan teknologi kasir untuk cafe dan restoran yang efisien serta terintegrasi menyebabkan banyaknya aplikasi kasir baru yang telah beredar di pasar saat ini. Mulai dari program kasir yang mudah digunakan hingga program yang lebih canggih dengan fitur yang dapat disesuaikan, beragam pilihan untuk para pemilik usaha cafe dan restoran yang ingin meningkatkan efisiensi dan pengalaman bagi pelanggan.
Dalam artikel ini kita akan membahas 10 rekomendasi program kasir terbaik yang cocok bagi usaha cafe dan restoran yang kalian miliki, sehingga dapat membantu meningkatkan produktivitas dan keuntungan bisnis yang kalian punya.
1. Pasarind
Selain itu, Pasarind juga dilengkapi dengan berbagai fitur utama, seperti QR table untuk Contactless Ordering, Laporan Lengkap via Merchant Portal, Sistem Bacon, Cetak Struk atau Kirim via E-mail, dan Manajemen Stock.
Pasarind menyediakan paket berlangganan mulai dari Rp. 75.000 per bulan dengan fitur yang lengkap. Selain itu, terdapat juga beberapa paket lainnya yang lebih lengkap dan premium dengan kisaran harga yang terjangkau.
2. Olsera
Program kasir Olsera dilengkapi dengan beragam fitur yang lengkap, seperti fitur promosi, supplier, manajemen produk, manajemen pelanggan, absensi, serta akses staff. Olsera juga menyediakan banyak opsi pembayaran digital bagi para pelanggan.
Olsera menyediakan berbagai beberapa paket berlangganan, dimulai dari paket basic yang dibanderol dengan harga Rp. 158.000 per bulan. Dalam paket basic, pengguna dapat menikmati fitur dasar seperti manajemen menu hingga integrasi dengan platform pemesanan online. Tidak hanya itu, Olsera juga menyediakan paket Premium dan Pro dengan fitur-fitur yang lebih lengkap untuk kebutuhan bisnis kalian.
3. Moka
Moka memiliki fitur yang lengkap, seperti kegiatan promosi, laporan transaksi harian, pengaturan penyimpanan & persediaan barang, serta akses ke dashboard dan laporan secara real-time. Moka juga dilengkapi banyak opsi pembayaran digital yang memudahkan pelanggan dalam urusan pembayaran.
Moka menyediakan beberapa paket langganan, mulai dari paket Basic dengan harga Rp. 299.000 per bulannya. Selain itu, Moka juga memiliki paket Pro dan Enterprise yang dilengkapi dengan fitur-fitur lebih lengkap untuk kebutuhan usaha cafe dan restoran kalian.
4. Kasir Pintar
Kasir Pintar menawarkan berbagai fitur lengkap yang membantu penggunanya dalam mengelola penjualan, membuat laporan penjualan, serta membantu manajemen inventaris. Selain itu, Kasir Pintar juga terintegrasi dengan berbagai metode pembayaran, termasuk kartu kredit dan dompet digital.
Kasir Pintar menyediakan dua paket berlangganan, yaitu Kasir Pintar Free dan Pro. Dengan Kasir Pintar Free pengguna dapat menggunakan Kasir Pintar dengan fitur yang dasar selama 30 hari secara gratis. Selanjutnya, pengguna dikenakan biaya Rp. 55.500 per bulan untuk transaksi yang tak terbatas serta fitur yang lebih banyak.
5. Accurate POS
Accurate POS dirancang khusus untuk memudahkan pengelolaan bisnis cafe yang kalian miliki. Dengan Accurate POS, pengguna dapat dengan mudah mencatat penjualan serta mengelola stok secara bersamaan. Pengguna dapat menggunakan metode input manual atau menghubungkan perangkat yang dapat membaca barcode sehingga proses penginputan menjadi lebih mudah.
Accurate POS hanya menyediakan satu paket langganan, yaitu Paket Dasar yang dibanderol dengan harga Rp.277,500 per bulan. Sebelum berlangganan, pengguna dapat mencoba Accurate POS secara gratis dengan akses lengkap ke semua fitur yang dimiliki.
6. Qasir
Qasir menawarkan berbagai fitur lengkap, seperti pengelolaan diskon hingga pemberian nomor antrian secara otomatis yang memberikan kemudahan bagi para pemilik kafe dan restoran. Selain itu, Qasir juga dilengkapi sistem pembayaran online yang lengkap, mulai dari Dompet digital hingga berbagai Bank standar.
Qasir menyediakan beberapa paket langganan dengan harga yang terjangkau, hal ini juga merupakan salah satu keunggulan yang dimiliki oleh Qasir. Paket langganan tersebut, yaitu Paket Pro dengan harga Rp. 699.000 per 12 bulan dan Paket Pro Plus yang dibanderol dengan harga Rp. 1.199.000 per 12 bulan. Pengguna juga dapat menggunakan Qasir secara gratis hingga kapan pun dan tentu saja hanya dengan fitur yang terbatas.
7. Pawoon
Pawoon memiliki fitur yang membantu memudahkan setiap transaksi, seperti laporan dan analisis, manajemen operasional, dan integrasi ke banyak aplikasi online. Pawoon juga menyediakan layanan solusi yang membantu pengguna agar dapat memaksimalkan potensi bisnis yang mereka miliki.
Pawoon dapat digunakan secara gratis tetapi dengan batasan 7 transaksi per hari serta fitur yang terbatas. Untuk menikmati semua fitur yang tersedia serta jumlah transaksi yang tidak terbatas. Pengguna harus membeli paket berlangganan yang ada. Paket yang disediakan juga beragam, yaitu Pawoon Basic dengan harga Rp. 149.000 per bulan, dan Pawoon Pro dengan harga Rp. 299.000 per bulan.
8. Majoo
Majoo menawarkan fitur yang lengkap seperti manajemen menu, laporan keuangan, dan stok barang. Selain itu, Majoo juga dilengkapi dengan fitur manajemen pelanggan yang dapat membantu pemilik usaha cafe dan restoran dalam meningkatkan hubungan yang lebih baik dengan para pelanggannya.
Majoo menyediakan tiga paket berlangganan dengan harga yang terjangkau, yaitu Paket Starter, Advance, dan Prime. Paket Starter dibanderol dengan harga Rp. 249.000 per bulan. Kemudian, paket Advance yang menawarkan fitur-fitur yang lebih lengkap, dengan harga Rp. 499.000 per bulan. Terakhir, ada paket Prime yang dilengkapi fitur lanjutan yang canggih seperti manajemen multiple store dan koneksi ke perangkat POS lainnya, paket ini dibanderol dengan harga Rp. 999.000 per bulan.
9. Posy
Posy memiliki aplikasi bernama Posy Resto yang membantu mengelola restoran atau kafe menjadi lebih mudah dan efisien. Posy Resto juga memiliki fitur Digital Menu Ordering yang membantu meningkatkan efisiensi restoran atau kafe dalam menerima dan memproses makanan yang dipesan.
Lewat Posy, pengguna dapat terhubung ke semua outlet atau restoran yang dimiliki hanya dengan satu aplikasi. Posy juga dapat mencatat semua transaksi secara realtime, mengubah menu untuk semua outlet yang ada, dan memonitoring performa seluruh outlet restoran atau kafe.
10. Aplikasir
Aplikasir memiliki fitur Grafik Statistik yang dapat menampilkan omset, profit, jumlah transaksi, penjualan, hingga stok barang. Dengan fitur ini, pengguna dapat lebih mudah untuk melakukan meeting bulanan dengan karyawan dan staff bisnis.
Aplikasir menyediakan dua pilihan paket berlangganan dengan harga yang terjangkau, yaitu Paket Premium dengan harga Rp. 30.000 per bulan dan Paket Premium Domain yang dibanderol dengan harga Rp. 60.000 per bulan. Pengguna cuba dapat mencoba terlebih dahulu Aplikasir ini secara gratis dengan masa uji coba selama 15 hari saja.
Kesimpulan
Untuk meningkatkan efisien bisnis restoran atau kafe yang dimiliki, pebisnis dapat mempertimbangkan penggunaan program kasir sebagai salah satu solusi yang dapat mempermudah proses transaksi dan manajemen keuangan. Dalam artikel ini telah dikaji 10 Program kasir terbaik untuk restoran dan kafe yang dapat membantu meningkatkan bisnis kalian.
Pilihlah program kasir yang sesuai dengan kebutuhan bisnis kalian dan sesuai dengan anggaran yang kalian miliki. Dengan menggunakan program kasir yang tepat, kalian dapat mengoptimalkan bisnis dan meningkatkan kualitas layanan kepada para pelanggan.
Untuk mengetahui lebih banyak daftar program kasir, kamu bisa lihat di sini.