Apa itu e-Commerce Enabler?

Penjualan ritel e-Commerce Indonesia diperkirakan telah mencapai US$15 miliar atau setara Rp210 triliun pada tahun 2018 dan akan meningkat empat kali lipat pada tahun 2022 yang menyentuh US$65 miliar setara dengan Rp910 triliun. Pernyataan itu didasari oleh riset “Navigating Market Opportunities in Indonesia’s e-Commerce” dari Sirclo.

Kesuksesan penjualan dari platform e-Commerce tidak dapat dilepaskan dari peran e-Commerce enabler. Hadirnya e-Commerce enabler sangat membantu dalam mengembangkan berbagai jenis bisnis di dunia digital. Namun, bagi beberapa pebisnis online istilah e-Commerce enabler masih terasa asing dan membingungkan. Untuk itu, kami akan membahas lebih dalam tentang layanan satu ini.

e-Commerce Enabler

e-Commerce enabler merupakan perusahaan yang menyediakan layanan lengkap untuk membantu para pebisnis online. Layanan ini memiliki cakupan digital yang beragam, seperti content production, pembuatan offline online store, mengintegrasikan berbagai platform penjualan, sampai pengiriman barang ke para konsumen.

Singkatnya, layanan e-Commerce enabler dapat digambarkan sebagai ekosistem yang dapat memecahkan semua permasalahan operasional digital secara end to end (A-Z), seperti manajemen toko, pengelolaan gudang, Customer Relation Management (CRM), dan lainnya hanya dengan satu akun saja.

Sebagai contoh, pebisnis online dapat memproses pesanan dari semua marketplace dalam satu klik. Kemudian, stok masing-masing produk yang ada di gudang akan otomatis berkurang sesuai dengan pesanan. Pengiriman barang juga dapat dilakukan dan diselesaikan saat itu juga.

Tipe e-Commerce Enabler

e-Commerce Enabler menyediakan tiga service atau layanan yang dapat dipilih oleh para pebisnis untuk membantu mengembangkan usaha. Misalnya saja bisnis yang dimiliki berkembang dengan baik, namun masih ingin memasarkan produk kepada masyarakat luas agar lebih dikenal. Maka, pebisnis dapat memilih layanan Content Service Model untuk membuat konten bisnis menjadi lebih menarik.

Simak penjelasan di bawah ini untuk mengetahui beberapa tipe layanan yang dimiliki e-Commerce Enabler.

General Operation Model

Layanan pertama ini lebih dikenal sebagai model pengoperasian umum, dimana penyedia layanan e-commerce akan mengelola berbagai jenis toko online dari sisi promosi brand atau merk. Tak hanya itu, tipe layanan ini dapat melakukan penjualan dari produk yang dimiliki oleh pemilik usaha.

Tipe layanan ini akan menetapkan biaya promosi yang telah disepakati antara layanan e-Commerce dan juga pemilik usaha. Apabila selama waktu promosi terdapat produk yang berhasil terjual maka layanan e-Commerce akan mendapatkan komisi dari penjualan.

Distribution Model

Untuk tipe kedua ini, biasanya pemilik usaha memiliki produk yang benar-benar menarik perhatian, sehingga layanan e-Commerce akan memasarkan produk ini secara tersendiri karena memiliki potensi yang besar.

Mudahnya, pemilik usaha hanya tinggal mengirimkan produk kepada penyedia layanan dan proses selanjutnya, seperti pemasaran, penjualan dan pengiriman akan dilakukan oleh layanan e-Commerce itu sendiri. Biasanya, pemilik bisnis yang belum memiliki brand atau dana untuk memasarkan lebih menyukai tipe yang satu ini.

Content Service Model

Sesuai dengan namanya, tipe terakhir ini hanya memberikan layanan pengembangan konten atau strategi pemasarannya saja kepada pemilik bisnis. Untuk menggunakan tipe ini, pemilik bisnis hanya cukup membayar pada produksi konten saja.

Peran e-Commerce Enabler untuk Bisnis

Tak hanya memudahkan mengelola toko online, e-Commerce enabler memiliki beberapa peran inti untuk membantu mendukung kesuksesan bisnis. Berikut penjelasannya.

Manajemen Toko Online

Melalui e-Commerce enabler, manajemen kegiatan operasional harian toko hingga promosi online dapat ditangani secara lebih mudah, sehingga pemilik bisnis dapat fokus dalam membangun brand awareness sekaligus meningkatkan penjualan online.

Membantu Kampanye Pemasaran

Sesuai dengan penjelasan di atas, e-Commerce enabler dapat membantu proses eksekusi kampanye pemasaran dengan menghadirkan berbagai konten bisnis yang relevan dan pastinya dapat memicu konsumen untuk membeli produk atau barang.

Manajemen Produk

Tak hanya toko, e-Commerce enabler dapat mengelola semua list dan harga produk yang dimiliki. Layanan ini juga akan membantu pemilik bisnis untuk memeriksa promo dan melakukan pendekatan lebih dengan platform online lain agar bisnis online tetap terlihat profesional.

Membantu Proses Logistik Barang

Sebagai penyedia Distribution Model, e-Commerce enabler memiliki sistem khusus untuk mempelajari algoritma proses logistik barang. Layanan yang disediakan telah mencakup gudang untuk penyimpanan barang sebelum diserahkan ke pihak kurir. Adanya gudang ini, membuat proses quality control menjadi lebih mudah dan mempercepat penyerahan barang ke kurir.

Dengan begitu, pebisnis online tidak akan mengalami kesulitan lagi dalam pengiriman dan berakhir ditinggalkan oleh para pelanggannya.

Menyediakan Layanan Customer Service

Komunikasi merupakan jembatan yang sangat penting untuk menghubungkan pemilik usaha dengan konsumen agar meningkatkan kepercayaan dan loyalitas. Oleh karena itu, e-Commerce enabler menyediakan layanan customer service yang dapat membantu merespons permintaan maupun pertanyaan konsumen secara lebih cepat.

Membantu Pembuatan Laporan

Seperti yang kita tau, semua jenis dan seluruh sektor bisnis membutuhkan berbagai macam jenis laporan, mulai dari laporan analitik, laporan penjualan, laporan kas, dan laporan kemajuan SKU. Untuk itu, layanan e-Commerce enabler telah menyediakan rekapan transaksi dan data yang berguna dalam proses pembuatan berbagai laporan.

Membuat Desain Visual Katalog Produk Lebih Menarik

Desain visual menjadi faktor terpenting dalam membantu penjualan produk terutama di layanan digital. e-Commerce enabler dapat membuat tampilan produk menjadi lebih menarik dengan adanya pengelolaan menu yang user friendly. Dengan begitu, calon pembeli dapat melihat, memilih, dan membeli dengan mudah.

Rekomendasi e-Commerce Enabler

Layanan e-Commerce enabler sendiri telah menjamur dan dapat ditemukan dengan mudah. Kami akan memberikan lima rekomendasi layanan e-Commerce enabler yang paling banyak digunakan:

1. Everpro

Everpro merupakan platform penyedia layanan pengiriman COD dan Non-COD yang bekerja sama dengan berbagai layanan ekspedisi di Indonesia. Everpro hadir sebagai solusi bagi para pebisnis online untuk mengembangkan usaha yang dimiliki.

Everpro membantu pengguna untuk mengelola dan mengirim orderan melalui kurir, Mengelola dan mengoptimasi performa toko di Marketplace secara menyeluruh, Memberikan akses edukasi dan layanan akun FB & Google Ads Account, Memberikan edukasi intensif mengenai bisnis dan akses ke ratusan winning produk, dan Memperluas relasi melalui kegiatan-kegiatan di Komunitas Belajar Bisnis Everpro.

2. Shipper

Shipper sendiri merupakan layanan aggregator logistik yang menyediakan solusi logistik end to end mulai dari jasa pengiriman, warehouse, hingga manajemen toko online. Menariknya, Shipper tak hanya menyediakan jasa pengiriman barang di dalam negeri saja, tapi juga di luar negeri.

3. Mengantar

Mengantar didirikan pada tahun 2020 di Malang sebagai layanan pengiriman yang bertujuan untuk membantu mengelola pengiriman para pebisnis online. Mengantar fokus membantu pengguna dalam masalah pengiriman sehingga tidak terjadi adanya return.

Sampai saat ini, Mengantar telah bekerja sama dengan 5 ekspedisi besar yang ada di Indonesia, seperti JNE Express, SiCepat Ekspres, SAP Express, ID Express, dan J&T Express, serta lebih dari 2.000 seller telah menggunakan Mengantar tanpa ada nya return.

4. KiriminAja

KiriminAja menyediakan lebih dari 15 kurir yang tersebar di seluruh daerah, seperti JNE Express, J&T Express, SiCepat, NSC, SAP Express, AnterAja, Lion Parcel, dan masih banyak lagi. Ketersediaan jasa ekspedisi yang banyak dapat membuat jangkauan pengiriman paket menjadi lebih luas.

KiriminAja dapat diakses melalui website, aplikasi, dan terintegrasi dengan sistem API, sehingga mudah untuk digunakan.

Kesimpulan

Kehadiran e-Commerce enabler sangat membantu para pebisnis yang baru berkembang atau sedang merintis agar memiliki performa yang baik dan meningkatkan efisiensi di tengah kemajuan zaman. Adanya e-Commerce juga dapat membuat pebisnis lebih fokus dalam pengenalan kepada konsumen.

Leave a Comment